Monday, January 19, 2015

Ayam Goreng Mbah Cemplung

By Mbah Cemplung Padokan, Madukismo


Ayam goreng bisa domodel banyak variasi, apakah itu goreng manis, goreng kremes, atau polosan. Nah Kalau goreng manis, yang terkenal adalah mbok Sabar, kalau goreng kremes Ny Suharti, nah kalau polosan, Mbah Cemplung satu-satunya.
Ayam Goreng Mbah Cemplung
Lokasinya gampang-gampang susah, perempatan ringroad Madukismo (ada batu batre ABC selatan jalan) ke selatan, lalu ikut jalan ke barat, lalu ada plang PUKY, juga ada plang mbah Cemplungnya, belok kiri (jalan agak patah naik). Ke selatan sekitar 200m sebelah kanan jalan, setelah melewati jembatan kecil.

Cara masaknya masih tradisional dengan menggunakan kayu bakar dengan direbus bumbu, bisa dilihat kalau pas ke toiletnya (deket tempat masak).
Jangan ditanya rasanya, mak nyuss dengan bumbu rempah rahasia yang meresap. Bentuk ayamnya polos tanpa kremes, kering, dan minyaknya sedikit. Sepeti inilah tampilannya.
Apalagi kalau pesannya yang "Jago", ini baru mantap, dengan kepalanya yang jumbo. Bisa dimakan di sana atau di bawa pulang. 

Mengenai harga, kalau ayam utuh ukuran sedang sekitar 130 an  rb, untuk ayam Jago sekitar 180 an ribu, sepertinya harga mengikuti harga pasar ayam.Minuman di sini jangan salah, juga pakai gula batu, apa itu teh, jeruk atau tape.Cek This Out.
Jeruk Panas Gula Batu


Ruangan lumayan luas, bisa muat banyak mobil. Ada dua bangunan rumah yang difungsikan sebagai tempat makan, jadi jangan kuatir kehabisan tempat.
Kelebihan :
  • Bumbu meresap, rasa OK
  • Ukuran mantap, dan tidak banyak minyaknya.
  • Belum ada pesaing dengan ayam goreng model sejenis.
  • Minuman gula batu, OK
Kelemahan :
  • Apa ya?
Mengenai siapa mbah Cemplung, nama aslinya Mbah Redjo Sidal, konon katanya sudah jualan ayam goreng sejak tahun 1973-an, beliaunya bersahaja digambarkan seperti ini :

No comments:

Post a Comment